Pages

Rabu, 25 Mei 2011

Apa yang kamu ketahui tentang Trichomonas vaginalis ?

Banyak wanita wanita yang sering terkena parasit berbahaya satu ini. Mau tau tentang parasit ini? Baca yuuuk. Semoga bermanfaat :)

Trichomonas vaginalis merupakan protozoa (suatu bentuk mikroorganisme). Mikroorganisme parasit ini adalah agen penyebab trikomoniasis, dan merupakan yang paling umum infeksi protozoa patogen manusia di negara-negara industri.
Tingkat Infeksi :
1. antara laki-laki dan perempuan adalah sama dengan perempuan menunjukkan gejala, sementara infeksi pada laki-laki biasanya tanpa gejala. Transmisi terjadi secara langsung karena trofozoit tidak memiliki kista. WHO memperkirakan bahwa 180 juta kasus infeksi yang diperoleh setiap tahun di seluruh dunia. Perkiraan untuk Amerika Utara saja adalah antara 5 dan 8 juta infeksi baru setiap tahun, dengan tingkat diperkirakan kasus asimptomatik setinggi 50%.
2. Biasanya pengobatan terdiri dari metronidazole (antibakteri dan antiprotozoa sintetik derivat nitroimidazoi yang mempunyai aktifitas bakterisid, amebisid dan trikomonosid) dan tinidazole (adalah obat anti-parasit digunakan untuk melawan infeksi protozoa)

Trikomoniasis adalah infeksi menular seksual pada saluran urogenital, situs yang paling umum infeksi uretra dan vagina pada wanita. Infeksi ini lebih mungkin terjadi jika pH normal vagina bergeser dari yang sehat semi-asam (3,8-4,2) untuk satu yang jauh lebih dasar atau alkali (5 - 6) yang kondusif bagi pertumbuhan T. vaginalis. Pria dengan gejala infeksi ini jarang pameran.

Beberapa komplikasi T. vaginalis pada perempuan antara lain:
kelahiran prematur, berat lahir rendah, dan peningkatan kematian serta predisposisi terhadap infeksi HIV, AIDS, dan kanker leher rahim
T. vaginalis juga telah dilaporkan dalam saluran kemih, saluran tuba, dan panggul dan dapat menyebabkan pneumonia, bronkitis, dan lesi oral.
Gejala lain termasuk peradangan dengan meningkatnya jumlah organisme, kehijauan-kuning cairan vagina berbusa, dan gatal-gatal. Kondom efektif untuk mengurangi, tetapi tidak sepenuhnya mencegah, transmisi 10% wanita dengan infeksi akan memiliki "stroberi" serviks atau vagina pada pemeriksaan.
Penelitian terakhir juga menunjukkan hubungan antara infeksi T. vaginalis pada pria dan kanker prostat agresif berikutnya..

Morfologi :
 Trofozoit T. vaginalis bulat telur serta flagellated.
 Hal ini sedikit lebih besar dari sel darah putih, berukuran 9 x 7 pM.
 Lima flagella muncul dekat cytostome tersebut; empat ini segera memperluas luar sel bersama-sama, sedangkan flagel kelima membungkus mundur sepanjang permukaan organisme.
 Fungsionalitas dari flagel kelima tidak diketahui.
 Selain itu, proyek axostyle mencolok seperti duri sebaliknya bundel empat-flagela, axostyle yang dapat digunakan untuk dipasang pada permukaan dan juga dapat menyebabkan kerusakan jaringan dicatat dalam infeksi trikomoniasis
 Sementara T. vaginalis tidak memiliki bentuk kista
 Organisme dapat bertahan hingga 24 jam dalam air seni, air mani, atau bahkan sampel air. Ini memiliki kemampuan untuk bertahan pada fomites dengan permukaan yang lembab selama 1 sampai 2 jam.

Kerusakan yang disebabkan oleh Trichomonas vaginalis ke vagina endometrium meningkatkan kerentanan perempuan terhadap infeksi oleh virus HIV. Karena, parasit tidak hanya menyebabkan peradangan di daerah tersebut, hal itu juga menyebabkan kematian sel epitel dan sel darah merah di daerah yang mengarah ke peradangan alat kelamin dan leakiness terlihat dalam lapisan pelindung yang sangat penting. Setelah T. vaginalis juga dapat meningkatkan peluang perempuan terinfeksi menyampaikan virus HIV kepada pasangan seks !!

Ngeri banget ya kalAu di fikir fikir tentang Trichomonas vaginalis itu, maka dari itu kita sebagai wanita yang menjaga kebersihan diri luar maupun dalam harus benar benar menjaga agar jangan sampai terinfeksi oleh parasit berbahaya dan mematikan ini :)

Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar