Pages

Senin, 01 Oktober 2012

NERACA
  
NERACA OHAUS  
  •  pengertian
Neraca Ohaus merupakan neraca yang sering digunakan dilaboratorium, dengan tingkat ketelitiannya 0,01 gram. Anak timbangnya sudah ada pada neraca itu sendiri, cara menggunakannya dengan menggeser anak timbang sepanjang lengan dan massa bendanya ditentukan oleh posisi anak timbang sepanjang lengan setelah dinyatakan setimbang.
   
  •  Bagian – bagian neraca ohaus dua lengan
1.       Sekrup pengatur keseimbangan
2.       Lengan beban
3.       Piringan logam gantunganya
4.       Dudukan atau pegangan



Neraca Analitis Dua Lengan

Neraca ini berguna untuk mengukur massa suatu benda, dengan batas ketelitian 0,1 gram. Saat menggunakan yang perlu diperhatikan adalah letak anak timbang disebelah kiri hadapan penimbang, letak zat yang ditimbang berada disebelah kanan penimbang, selalu menggunakan kertas timbang, menimbang harus dalam keadaan tertutup.

Macam – macam anak timbang: 500mg, 1gr, 2gr, 5gr, 10gr, 20gr, 50gr, 100gr.




3.      Neraca analitis digital

Neraca ini sama seperti neraca yang lain tetapi menggunakan tenaga listrik.
Keistimewaan menggunakan alat ini adalah tingkat ketelitiannya yang tinggi (akurat), presisi, akuntable (dapat menyimpan hasil dari setiap pengukuran).
Tingkat akurasi alat ini yaitu smapai batas 0,0001 gram.
Alat ini sangat peka, jadi kita harus berhati-hati dalam memakainya.
  
A. Kalibrasi 

o  Pengontrolan neraca digital

Neraca di control dengan menggunakan anak timbangan yang sudah terpasang atau dengan dua anak timbangan eksternal, missal 10 gram dan 100 gram.

o  Penanganan neraca

Kedudukan timbangan harus diatur menggunakan sekrup dan harus tepat horisintal dengan “spirit level” (waterpass) sewaktu-waktu timbangan bergerak.

o  Kebersihan neraca

Kebersihan neraca harus di cek setiap kali selesai digunakan, bagian dari neraca harus dibersihkan dengan menggunakan sikat halus, kain halus, atau tissue dan timbangan dibersihkan secara keseluruhan dalam keadaan mati (off). Piringan timbang dapat diangkat lalu ibersihkan dengan pembersih lunak seperti campuran alcohol/etanol dengan air. Sesudah dibersihkan dan dipasang, timbangan dinyalakan dan setelah dipanaskan di cek kembali dengan menggunakan anak timbang.
3.      Neraca lengan gantung

Neraca ini terdiri dari sebuah lengan untuk piring timbangan dan lengan yang satunya adalah betang panjang sebagai tempat menggeser pemberat.
Cara keja alat ini yaitu dengan menyeimbangkan lengan piring timbang dengan batang skala dengan menggeser beban yang menempel pada batang.
Hasil dibaca dengan membaca skala yang ditempati pemberat tersebut.

Saat ini terdapat neraca gantung yang lebih modern yaitu neraca gantung digital, neraca gantung dengan skala bulat, dlsb …
Cara kerja timbangan gantung ini sangat sederhana, hanya dengan loadcell S dan hook sudah bisa mengubah data dari analog menjadi data digital yang akan kitabaca di display/indicator sebagai hasil dari penimbangan yang dilakukan. Timbangan gantung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar